Posted in Sharing, Tutorial

Turtorial Menambahkan Korean Movie Credit Ke Poster Fanfiction Melalui Picsart

wp-1468870212407.jpeg

Hallo semua, kali ini aku akan bawa turtorial cara memasukan korean movie credit dari poster drama korea ke poster fanfiction.

Sebenernya gak perlu ribet pake cara ginian. Tinggal search key di google aja ‘korean movie credit png’ / ‘korean credit png’ atau cari pack ‘korean movie credit png pack deviantart’

Tapi kita cuman dapet sedikit credit yang kadang gak sesuai keinginan, kadang maunya credit yang kayak poster drama anu ya begitulah. Jadi aku buat turtorial ini dikarenakan korean credit png agak sulit dicarinya. Lalu kok melalui picsart? Ya jujur aja aku edit mengedit lewat aplikasi ini dan ya semoga para pengguna aplikasi ini dimudahkan oleh turtorialku ini.

Mari simak turtorial perdanaku ini.

Bahan yang diperlukan :

1) Poster drama korea. Gak tau ini drama apaan, ane aja belum nonton kayaknya, atau udah ye? Kalau ini drama doctor stranger kok posternya yang ini? Au ah ada Lee Jongsuknya ganteng. Eh itu Lee Jongsuk kan? Bila mata gak salah mengenali :’v

 

 

 

 

2) Satu poster fanfiction kece punya kalian. Ini aslinya poster ffku yang belum jadi :’v hasil eksperimen tapi gak tau mau dijadiin poster FF apa ya jadi dibiarkan terbengkalai sama belum diotak-atik effect sama adjust serta ditambahin judul sekalipun.


Dan sekarang, langkah demi langkah menambahkan korean movie credit ke poster FF kalian :

picsart_07-18-08.09.40.jpg

1) Buka aplikasi picsart punya kalian tentunya dan jangan salah fokus yo sama wallpaper Song Joongki yang lagi masangin tali sepatu ane maksudnya kembaran ane (masih belum move on dari DOTS)

wp-1468869597084.jpeg

2) Setelah membuka aplikasi picsart, kita akan disuguhkan tampilan ini dan langsung saja klik edit (yang aku tandai lingkaran merah)

picsart_07-18-07.57.29.jpg

3) Pilih poster drama korea yang sudah kalian download, diusahakan background creditnya warna putih ya, kenapa? Padahal aku mau credit dari drama anu yang background creditnya warna orange. Ntar ya aku jelasin kenapa harus warna putih. Sekarang kalian cukup klik tombol edit (sudah aku kasih lingkaran warna merah tuh)

picsart_07-18-07.45.49.jpg

4) Lalu setelah itu, kalian klik icon tools kemudian crop (sudah aku beri tanda lingkaran berwarna merah)

picsart_07-18-07.46.46.jpg

5) Nanti tampilannya akan menjadi seperti ini. Arahkan tangan kalian untuk mengcrop creditnya.

picsart_07-18-07.47.49.jpg

6) Sudah mengarahkan tangan kalian mengcrop creditnya? Maka dari itu tinggal klik centang/ceklis (yang diberi tanda lingkaran merah)

picsart_07-18-07.48.18.jpg

7) Setelah itu tinggal kalian save creditnya di galeri kalian. Dan jangan coba-coba mengsave dengan format png. Aku pernah nyoba dan saat diadd ke poster, creditnya malah gak ada sama sekali.

picsart_07-18-07.49.18.jpg

8) Lalu apakah pekerjaan kalian sudah selesai? Belum dong, masih belum diadd creditnya ke poster FF kalian. Maka dari itu kembali ke tampilan awal picsart dan klik edit (yang diberi tanda lingkaran merah) kembali.

picsart_07-18-07.50.16.jpg

9) Cari poster FF kalian kemudian klik edit (yang dilingkarin merah olehku). Jangan salah fokus sama foto-fotoku :’v

picsart_07-18-07.51.43.jpg

10) Langkah selanjutnya adalah mengklik add photo (lingkaran merah)

picsart_07-18-07.52.28.jpg

11) Dan diri ini baru menyadari lupa screenshot saat mencari file creditnya :’v, yaudah gak apa yang penting kalian tau yang diadd adalah file credit yang udah kalian crop sebelumnya.

picsart_07-18-07.53.59.jpg

12) Kemudian untuk menghilangkan background putih di creditnya, kalian ubah creditnya menjadi multiply (yang sudah aku kotakin merah)

picsart_07-18-08.00.35.jpg

13) Jikalau ketika diubah menjadi multiply kalian melihat kecacatan dalam credit yang berupa garis-garis hitam (biasanya akan seperti ini dan biasanya enggak) dan bila enggak itu bersyukur. Tapi kadang kala bila enggakpun, kalian ingin mengurangi opacity/ketebalan (yang aku kasih kotak warna biru) agar si credit senada sama posternya. Namun bila kalian melakukan itu masalah cacat adanya garis-garis hitam akan muncul. Nah gimana dong cara menghilangkan garis hitamnya? Gampang, kalian tinggal klik icon eraser/penghapus (yang di atas pojok kiri dan aku kasih bentuk lingkaran warna merah)

picsart_07-18-08.03.35.jpg

14) Maka setelah mengklik icon eraser/penghapus, kalian akan dihadapi tampilan seperti ini. Kemudian kalian klik icon penghapusnya (yang di bawah dan aku kasih tanda kotak warna merah), setelah itu kalian oles pelan-pelan ke garis-garis hitamnya (di credit ini garis hitam-hitamnya ada di pinggir kanan yang aku kasih kotak warna biru) nah bila kalian gak hati-hati dan membuat tulisan dalam credit ikut kehapus. Jangan panik, tinggal klik tombol undo aja (ada di bagian atas yang aku tandai dengan kotak warna unggu). Jika sudah beres kalian tinggal klik centang/ceklis di pojok kanan deket yang undo tadi, maaf lupa aku tandain.

picsart_07-18-08.05.09.jpg

15) Setelah beres dan diklik centang, tinggal kalian save deh. Gak tau tombol savenya? /plak/ tuh udah aku kasih lingkaran warna merah

picsart_07-18-08.08.02.jpg

16) Dan ya save sesuai nama yang kamu inginkan dan dengan format JPEG.

Oh ya aku belum menjawab kenapa harus cari credit yang backgroudnya warna putih. Jawabannya : Karena bila warna yang lain (sejauh ini aku baru nyoba pake warna putih sama orange) backgroundnya akan tetep kelihatan walau sudah diubah menjadi multiply. Kalo putih kan pas diubah multiply background putihnya langsung hilang 🙂

Tapi jika kalian ingin memakai yang selain background putih sebenernya gak apa-apa. Cara menghilangkan background warnanya akan agak susah tapi, bisa dilihat caranya distep nomor 14 (cara menghilangkan garis-garis warna hitam) ya hampir sama kayak gitu tapi sungguh itu sulit untuk ngapusnya mesti dizoom sama diubah size dan opacity erasernya ke yang kecil. Dan nguras kesabaran, ya jadi aku saran pake yang background putih aja 🙂


Sekian turtorial yang aku sampaikan kali ini. Maaf bila banyak kekurangan atau kurang dimengerti, bila ada yang tidak dimengerti/mau dipertanyakan tinggal corat-coret aja di kolom komentar. Semoga turtorialnya membantu dan bermanfaat >,< ini kali pertama buat turtorial padahal banyak banget cara edit-mengedit yang udah aku pelajari melalui picsart. Kali-kali aku bagi-bagi turtorial yang lain ^^

Sampai jumpa lain waktu~ ❤

-HyeKim-

Author:

A tinkerbell who dream to be Luhan's future wendy — Also an amature author, k-drama trash, k-running man freak, eternal ELF, ahjussi and korean actor addict in the same time — Adorable since 2001

3 thoughts on “Turtorial Menambahkan Korean Movie Credit Ke Poster Fanfiction Melalui Picsart

Write ur Love Letter . . . <3

