Posted in Sharing, Tutorial

[Turtorial] Membuat Poster Fanfiction/FF Bernuansa Fancy Menggunakan Picsart

Hallohaa kembali lagi bersama Elsa! Kali ini aku buat turtorial poster fancy menggunakan picsart. Mumpung lagi gak artblock sekalian aja buat ya gak.

Sip kalian simak ya, inilah bahan yang kalian butuhkan

1.) Park Seul PNG Pack in deviantart by babykidjenny

2.) Luhan PNG Pack by my beb Yul/ChocoYeppeo

3.) Background buku sekolah yang unyu (?) keywordnya : School background (lebih baik cari di google dengan keyword ini karena aku ngepost di sini sizenya jadi medium atau 300 x 212 karena biar gak overload saat buka page ini)

4.) Texture Pack in deviantart by Mpepina / keyword : Fancy Texture Deviantart

5.) Title box cute clip art fancy by my beb Yul again XD a.k.a ChocoYeppeo

Udah siap dengan bahannya? Mari capcus!

Buka aplikasi picsart dan sekarang wallpaper ane udah ganti jadi let’s fight ghost :v

Piliha draw yang aku kasih lingkaran merah

Orientation yang aku pilih adalah vertikal (yang dikotakin warna merah) untuk kali ini

Lalu setelah itu kita disuguhin tampilan seperti ini, dan klik coba yang kanan paling ujung bagian bawah untuk melihat layer (kotak warna merah) kita biarkan aja layer warna putih (bawah) dan kita add photonya di empty layer (atas)

Kita add photo bukunya dan kita besarin sampe nutupin layer putih (kita buat bukunya semacem jadi background gitu)

Nah jadilah seperti ini, dan perhatikan yang aku tandain kotak  merah. Layer putih sama empty layer yang isinya buku terpisah oke?

Setelah itu klik yang aku kasih lingkaran pink lalu pilih empty layer dan tadaaaaa lihat yang aku kotakin merah jadilah ada 3 layer, kita main di layer kosong yang baru dan add png foto Park Seulnya

Setelah di add liat deh yang aku tandain merah kan kita niat meposisikan foto castnya pas nah pas udah pas malah ada yang keluar dari jalur seperti yang ditandain merah sama aku. Ngatasinnya gimana? Gampang.

Kalian pikih icon eraser/penghapus. Dan pilih penghapus yang ini kalau gak yang ini yang pojok kiri atas/yang pertama. Hanya 2 itu yang aku rekomendasi. Yang lainnya enggak 🙂 buat size dan opacitynya (kotak merah) itu terserah dan senyaman kalian aja

Bhakakak aku lupa screenshot, intinya setelah pilih eraser. Pilih yang tanda kotak+lingkaran yang disebelah ikon add photo. Nanti disuguhin tampilan gini lalu pilih kotak dan pilih fill yang udah aku kasih lingkaran merah 

Lalu setelah itu arahin pelan-pelan ke bagian bawah yang keluar jalur 🙂

Setelah itu add lagi empty layer (setiap ingin menambahkan gambar, add new empty layer, got it?) setelah itu add pngnya Luhan di layer barunya (kotak merah)

Sudah ke add deh Luhannya huahaha

Loh kok gini? Wkwk ini aku zoom pake tangan buat bikin garis putus-putus berwarna. Jadi zoom ke castnya sampe segini dan pilih kuas (yang dilingkarin merah)

Setelah itu kalian pilih jenis kuas pertama dan atur size -> 6 dan opacity -> 100 (perhatikan yang dikotakin merah) lalu klik yang aku tandain lingkaran hijau untuk mengatur hardnessnya

Hardnessnya juga ditarik ke paling  ujung (100)

Oh ya sedikit lupa, jangan lupa atur warna garis putus-putusnya ya. Kalau aku sih pake pinkeu. Dan kalian mulai pelan-pelan mengoles jarinya membuat garis putus-putusnya. Kalau salah bisa diundo (dibagian atas yang sebelah tulisan close, maaf gak ditandain)

Setelah itu lakukan hal yang sama juga ke rendernya Luhan, dizoom sangat ya ke pic Luhannya seperti ini biar gampang.

Dan ta-da garis putus-putusnya jadi deh!

Kemudian kita tambahin empty layer lagi dan diteken lama lalu dipindahin ke bawah (perhatikan letak yang dikotakin merah) setelah itu add salah satu texturenya ya.

Coba perhatikan pic yang tadi (diatas screenshot ini yang pas add texture pertama). Mengantisipasi banyak screenshot, si texturenya itu backgroundnya ganggu banget kan? Ya pasti harus dihapus, maka pilih lagi eraser dan pilih penghapus yang ini/yang pertama juga boleh. Dan hapus pelan-pelan background texturenya.

Beres deh! Dan kalau gak salah texturenya ini aku kurangin opacitynya tapi lupa ke screen juga ahah. Itu tergantung pribadi masing-masing ya, tapi kalau terlalu mencolok kurangin aja opacitynya 🙂

Kemudian add empty layer lagi dan didrag ke bawah juga (perhatikan yang dikotakin merah) gunanya biar gak numpuk di foto castnya 🙂

lalu add lagi texture yang kedua dan hapus lagi (menggunakan eraser yang udah aku kasih kotak biru) backgroundnya atau yang setidaknya dari gambar texture itu yang meganggu. Udah selesai? Klik done yang di atas pojok kanan dan udah aku kasih lingkaran merah

Karena belum beres, kita pilih edit image ya

Setelah itu pilih tools (lingkaran pink) kemudian pilih adjust (kotak merah)

Atur surationnya, tarik ke depan ya (perhatikan yang aku tandai kotak merah)

Dan juga shadownya. Kalau mau sama kayak poster ini perhatikan yang aku kasih kotak merah

Kali ini tempnya aku tarik ke belakang menyesuaikan tema fancy 🙂 beres? Klik centang yang aku lingkarin warna pink

Karena merasa gak afdol, aku tambahin effect yang dodger dan fadenya aku ubah ke 72 (lihat aja yang dikasih kotak merah)


Setelah itu kalian add photo (gak aku liatin ya pas milih icon add photo, kebanyakan sc malah bikin aku bingung) dan add cute tittle packnya (aku pake 2 buah) setelah itu klik centang (pojok kanan atas yang dikasih lingkaran warna merah)

Setelah itu kita ke text (kotak merah)

Dan tambahkan textnya dan taro di tittle packnya. Di sini aku pake beberapa font yang di download di dafont.com selain font picsart sama text picsart 3. Kalau mau nanya nama-nama font yang aku pake ini, jujur ya aku gak hafal -_- lalu klik centang (lingkaran merah)

Karena fancy biasanya unyu-unyu dan aku ini mau beralay ria. Maka aku pun menambahkan clipart (icon clipartnya gak aku screen ya entar kebanyakan juga fotonya, entar wpnya gumoh/?) Dan rekomen aku sih clip art buat fancy poster tuh yang funky music, doodles 1, dan doodles 2. Tapi terserah kalian aja, mungkin kalian punya clipart yang kalian download sendiri 😀

Trlalala, jadi deh. Liat apa aja kealayan yang udah aku tambahin -__- jangan lupa klik ceklis di pojok atas kanan yang dikasih lingkaran merah

Kalian nyadar gak sih aku gak ngasih tulisan art by blablabla/story by blablabla/credit. Karena aku punya logo sendiri HUAHAHAHA jadi credit/namaku sebagai artworkernya aku taro di logo jadi tinggal aku add tuh logonya :v kalau kalian? Ya kalian tinggal tulis aja credit poster itu punya kalian wakakak XD XD

Selesai? Tinggal save dong 🙂 formatnya JPEG ya

Ini dia hasil punyaku. Horayy! >_< Bagaimana hasil punya kalian? XD

Oh ya aku mau kasih penjelasan tambahan.

  1. Jikalau kalian kesusahan nyari render/png yang sreg dihati. Kalian bisa buat png/render itu via picsart. Aku kasih link senpai yang ngasih turtornya ya. Ini dia turtor membuat gambar png dari kak Crystal karena turtorial dia aku bisa edit-edit ria di picsart. Terimakasih ya, Kak. Tapi selebihnya kayak turtor ini aku belajar sendiri akakakak.
  2. Kalau kalian males buat render/png juga gak apa. Kalian bisa erase foto castnya pake eraser yang aku pake tadi buat ngapus background texture 🙂

 

 Dan itu contoh poster fancyku yang lain, yang foto castnya gak pake cari png/dibuat png. Aku erase/hapus aja langsung kayak buat poster biasa, hasilnya lumayan cakep tapi maaf gak aku buatin turtorialnya karena beberapa kali aku stress dulu gara-gara salah ngapus -__- tapi lumayan hasilnya cakep buakakakak.

Udah deh info tambahannya, kalau kalian mau dibuatin turtorial yang poster fancy yang aku bilang erase langsung foto castnya dan gak usah cari pngnya, tar deh ya kalau sempet dan aku mau buatin ahaha. Ada yang mau ditanyain? Silahkan corat-coret di box komentar ya 🙂  atau bisa add lineku (elsasandra) oh ya di sini ada yang bisa buat manipulation via picsart? Aku kemarin buat loh, udah bisa lama sih tapi karena ada yang minta buatin maka aku buat wkwk, ini hasilnya.

-See you next time, HyeKim-

Author:

A tinkerbell who dream to be Luhan's future wendy — Also an amature author, k-drama trash, k-running man freak, eternal ELF, ahjussi and korean actor addict in the same time

31 thoughts on “[Turtorial] Membuat Poster Fanfiction/FF Bernuansa Fancy Menggunakan Picsart

    1. Wkwk makasih kak >_< horay kak crys datang setelah aku tag turtor yang pngnya. Aku dapet ide pas lagi asik2 cari background tema sekolah dan nemu yg buku lucu itu wkwkwk ;3

      Btw kak, aku baru sempet follow blog kaka. Follbacknya ya ❤

      Liked by 1 person

      1. Gak apa kok kak huahaha. Makasih loh padahal iseng aja idenya gara2 liat satu poster model buku dan dijabarin turtornya harus pake ps gitu pdhl dikirain pake texture gitu dan pas nemu background buku itu jd semangat editnya :3

        Wkwk pasti followersnya banyak sekali kak XD

        Like

      2. Iya kak aku kalau mau edit2 poster liat poster2 para senpai gitu buat jadi inspirasi tapi pas aku buat ngehahahaha hasilnya XD XD absurd banget lah

        Iya kak tinggal modal pinter cari keyword texturenya aja, aku suka dikira photoshop user padahal cmn pake picsart juga aku merasa cukup wkwkwk lagian kan tampilan draw picsart itu gak beda jauh sama phostop XD

        Wkwk yang penting barakkah aja kak blognya XD

        Liked by 1 person

      3. Kamu juga anaknya kreatif. Anak kreatif beda deh. Bisa-bisa nanti kebolak nih, nanti kakak yg terinspirasi dari kamu 😄. Lanjutkan Elsa! Let it go!

        Aamiin ya rabb. Di do’ain sama ahli agama.. 🙂

        Like

    1. Buakakak makasih banyak kak dipdip XD XD sebenernya banyak turtor yang mau aku share tapi ya gitu kadang mabok kalo banyak screenshot XD XD sama ngejelasin XD apalagi kalo lagi laper kayak pas edit poster ini udah tambah kacau belaw XD tar deh kali-kali ane buat lagi turtornya huahaha

      Like

      1. Rencana mau buat turtor soft-sad gituhhh kebetulan juga position aku di edit2 ria tuh di poster soft (kalau dark say goodbye deh ya kdg absurd sama kalo fancy masih agak ketolong dikit hasilnya wkwkwk)

        Iya kak beberapa kali lupa screen berasa Masya Allah banget tapi turtorial di blog kak Crystal itu udah lengkap loh. Aku belajar dari sana, sisanya aku liat poster orang terus aku belajar edit sendiri dan sekarang maluuuu sekaliii sama hasil ngeedit jaman baru kenal dunia edit atau hasil poster pas lagi dilanda artblock-____- tp kampretnya si artblock datang disaat banyak requestan dan harus buat poster
        Nah disaat skrg2 lagi gak ada pesenan atau apapun malah banyak ide poster ugh kesel T^T

        Iyap kak pantengin aja yaah

        Liked by 1 person

      2. Soft! Aku menantikan tutorial poster softmu karena sesungguhnya ku tak pandai membuat soft hanya bisa fancy sama dark aja, KALO SOFT ANEH BANGET HUHU sekarang aja karena aku ga bisa bikin soft, semua poster aku jadiin graphic art biar kesannya tetap bagus:’) jadi tutorialmu akan sangat kunantikan (?)

        Like

    1. Wkwk disimak aja ya kak tapi yagitu aku buatnya sambil laper juga jd agak menjelimet (?) ngejelasinnya

      Aku juga awalnya gitu jari2 kalu bangettt, tapi setelah sekian lama terbiasa kok. Erasernya atur aja ke yg kecil tp kalo bs ukurannya 12, opacitynya 10 lalu mulai tambah2in XD

      Liked by 1 person

Write ur Love Letter . . . <3

