Posted in Sharing

Meremake Suatu Tulisan

Um, well. Pasti kalian berpikir; ‘Kok Elsa gak publish FF atau apa? Malah publish ginian?’

Oke, aku mau cuap-cuap bikaus aku ini gereget banget sama dua tulisan yang pernah aku temui.

Ini bukan nyindir atau apa, ini hanya pendapat pribadi aja ya. Bila kalian merasa gak sreg lebih baik go away daripada ntar ada pro atau kontra.

Jadi gini, aku pas itu menjelajah di suatu blog dan nemu FF yang genrenya pas sama suasana hati saat itu, diklik kan ya dan pas itu ane berwaw ria karena bagus dan pas baca di bagian bawah dia remake salah satu novel yang kebetulan penulisnya salah satu favorit aku. Oke sih aku pas itu ngikut ceritanya sampe akhir LOL dan kebetulan belum beli novelnya hingga aku nemu di salah satu toko buku di kotaku. Ya, gak beli juga sih karena lagi bokek LOLOL. Dan dengan gak modalnya diri ini buka-buka aja itu halaman buat baca-baca. And waw! 100% diksi, tata bahasa, dll sama kayak itu FF remake.

Nah kalau kasus yang kedua, aku lagi iseng nyari di Ate Google (Mbah Google sudah mainstream, kawan) judul novel penulis favorit aku juga (tapi beda dari kasus yang pertama tadi ya) dan aku liat situs yang nampilin judul novel penulis itu di blog yang sama kayak yang FF remake tadi. Hell, aku sih jadi agak gimana ya tapi aku klik. Dan sip aku jadi agak gimana gitu…. soalnya ya…. dia 100% copy-paste dari kata-kata di novel itu (sama kayak kasus pertama di atas) Dan mungkin juga ini yang bikin aku gondok? Entahlah antara sebel sama gak sebel -_- soalnya kata-kata penulis novel itu bagus dan aku suka sekali qoutes yang dibuat Si Penulis Asli yang sering dia tulis di per-bab novelnya. Gimana aku gak… sebel?

Setiap orang memiliki gaya penulisan sendiri. Cara penyampaian orang itu beda-beda. Untuk menulis suatu cerita kadang merangkai kata yang pas itu sulit, kadang kita harus ngapus ulang lagi lah dan ganti sama tulisan yang lain. Dan kalian dengan alasan remake tinggal copas gaya penulisan seseorang? Hell-o!

Aku juga searching tadi tentang remake dan ya remake itu bisa menjerumus ke plagiat.

Kalau kalian terinspirasi dari suatu tulisan silahkan monggo sampaikan dengan cara kalian sendiri. Jangan main copas, itu gak kreatif sama sekali ya! Kalo terinspirasi sih oke, oke aja asal kalian bilang didisclaimer. Aku juga sering kali kok  begini.

Tapi pliss jangalah asal remake suatu tulisan. Apalagi tanpa izin penulisnya, yakin deh kalau kalian yang remake gitu aja dan Si Penulis tahu pasti rasanya kek kitati dan mau banget mengumpat. Dan apalagi bila kalian meremake suatu tulisan yang sudah diterbitin penerbit. Penulis aslinya aja menarik tulisan dari blog pribadi mereka bila sudah meluncur ke penerbit. Nah kalian yang intinya bukan siapa-siapa main share dengan catatan ‘Aku ngeremake FF Si A yang judulnya ini’ 

Enak banget kalian remake dengan asal copas semua kata dan hanya ganti nama pemain? Bahkan kalian buatnya yaoi GS? /ekhem/

Oke maaf sama kata-kataku yang (mungkin) menyinggung suadara-saudari sekalian. But it’s just my opinion lah. Gak usah main hati karena aku pun sangat enjoy dalam menjalani hidup.

Sekali lagi. Bedakan antara terinspirasi sama remake ya. Alangkah lebih baiknya kalian menuangkan sebuah tulisan dari ide pemikiran sendiri walau hasilnya gak terlalu memuaskan hasrat pembaca. Tapi toh yang penting hasil pemikiran sendiri kan? Dibanding asal tengok terus copas dan ganti nama. Itu hina sekali. Kecuali nih ya remakenya udah ada izin dari penulisnya, kan lebih enak 🙂

Udah ya cuap-cuapku sampai berjumpa lain waktu.

-Salam ketjup berlendir, HyeKim-

Author:

A tinkerbell who dream to be Luhan's future wendy — Also an amature author, k-drama trash, k-running man freak, eternal ELF, ahjussi and korean actor addict in the same time — Adorable since 2001

14 thoughts on “Meremake Suatu Tulisan

  1. Sabar El sabar 😅😅
    Jangankan novel diplagiat, daku saja pernah nemuin orang ngecopas FF secara kesleuruhan maupun ganti castnya saja. Kebanyakan copas ke FB atau sebaliknya. Terkadang entah apa yang mereka pikirkan saat copas hasil orang lain.

    Liked by 1 person

    1. Ya aku udah komen juga sih di ceritanya tapi keknya gak masuk bfttt parahnya dua cerita di atas diremake jd yaoi terus GS. Mana Luhan lagi castnya. Okelah pas itu ane suka ceritanya tapi dipikir-pikir lagi ya dia itu plagiat walau nyantumin nama penulis aslinya. Pls deh be smart, penulis asli kalo gak ada izin penerbit aja gak mungkin share cerita dia yg udh dibukukan ke blog pribadi. Lah dia malah asal copas aja. Semuanya sama. Gaya menulis, dllnya. Hello! Dia gak tau ya UU tentang hak cipta? Gak tau dendanya sampe berapa juta ya? Bukan 1/2 jutaloh. Dia juga bisa di penjara beberapa tahun dan dituntut. Apa gak takut? Tapi untung sih 1 cerita di atas sama yang remake udh ditarik dari blog yang kubaca tapi sayangnya dari akun fb dia belum. Bffttt serah dia deh ya.

      Nah itu juga keknya anak2 FB fanpage FF banyak yang plagiat (gak semua sih tapi rata2 dari anak2 FB.-.)

      Liked by 1 person

      1. Iya, benar tuh! Pas belum mengenal wordpress, aku sering searching buat baca ff. Sebagian besar copas dri 1 blog ke fb atau sebaliknya. Serius, sampe bosan aku baca yang mirip, cuma ganti cast. Intinya ukhh! Kezeeel!!

        Liked by 1 person

      2. Emang aku suka liat ada yang copy gitu dari wp dan ya aku kalo tengok2 page plagiat di satu blog, yang ngelapor tuh rata2 ngasih link ff yang plagiat tuh di FB

        Gak tau deh ya mereka tuh minder aslinya gak bisa buat 1 cerita tapi ‘ngebet’ mau buat 1 cerita. Ya kalo emang kemampuan dia jadi pembaca sama pengkritik, yaudah gak usah maksa (walau aku juga merasa gak jadi penulis yang handal) tapi setidaknya kalo terinspirasi gak mungkin kaleee a-z sama.

        Liked by 1 person

  2. I feel u el. Aku bahkan pernah nemu ff di lapak sebelah yg sama sekali gak mencantumkan copryright yg sebenarnya sementara ceritanya persis kaya novel dri penulis favoritku yg udah aku baca. Rasanya pengen nabok tapi ga tega /plak/ walopun dia ga copas diksi dan semua plotnya, tapi cerita dan adegan adegannnya sama persis sumpah deh aku tau rasanya el pen jitak 😆 /jd curcol/ wkwk
    Padahal bahaya kan, klo pihak penerbit atau penulisnya sampe ga sengaja nemu itu bisa dapet hukuman ckck
    Kebanyakan author awam nganggap remeh yang namanya disclaimer/copyright padahal itu tuh poin paling penting, kita aja yg punya plot sendiri tapi terisnpirasi dri cerita lain pasti selalu nyebutin kan dengan detail darimana kita dapet inspirasi itu hadeeuh semoga ff ff kita selamat dari tangan tangan jahil yg suka copas copas itu 😆

    Liked by 1 person

    1. Jitak aja kak -___- sumpah sebel banget itu 100% plagiat. Jujur ya ff2 ku juga ada yang terinspirasi drama dan beberapa adegan di drama ada di ffku tapi aku gak copas 100% juga paling sebagian, aku tambah-tambahin lagi, aku ubah lagi, aku CANTUMIN JUGA DIDISCLAIMER.

      Nah iya dia keknya gak pernah baca UU yang sering dicantumin di 1 novel. Aku aja ngeri bacanya bisa dapet hukuman penjara sama ratusan juta denda. Mereka anggap remeh kayak gitu, sekali kena tegur kapok palingan.

      Gini ya, kalo mereka terinspirasi sama novel si anu boleh. Dalam artian tema sebagian besarnya terinspirasi (ex: suka sama bad boy yang merupakan cinta pertama dia, tema gini jg kebetulan sering kan) hanya mereka gimana mengembangkan cerita itu. Kalo terinspirasi gak 100% sama. Dari a-z gak mungkin sama. Kalo REMAKE pasti SAMA dan itu adalah PLAGIAT.

      Iya kak semoga ya amiiinnnn… gak tau apa kalo mau nulis ff kadang ane nyasar ke situs lain karena gak ada mood dan akhirnya kagak lanjut nulisnya (aib ini emang wkwkwk) Atau ngerasa tulisannya gak pantes dan aku hapus lagi kalimatnya, mikir kalimat yang pantes apa. Atau adegannya ada yang kerasa buru2, aku buat ulang lagi. Tau deh ah sama mereka

      Like

      1. Aku baru tengok2 ffmu ri xD yang kubaca tuh yang winter yoonwon wkwkwkw.

        Tergantung sih itukan kamu yang nulis kalo kataku mungkin kamu terinspirasi._.v aku juga buat ff yang sama kayak dots tapi beda hanya ada beberapa adegan yang sama

        Liked by 1 person

  3. Semangat kak elsa 😊😊

    Iya aku juga sering banget nemu FF yang asli copas tapi dia gak nyantupin copyrightnya
    Kadang jadi bingung sebenarnya itu FF siapa kok sma cuma cast nya donag yang diganti..

    Kan itu sama aja ngambil hasil kerja orang lain.. Betul kan ?

    Makanya itu aku lebih suka orang yang buat FF emang real dari hasil karya dia, kayak FF nya kakak..

    Tpi dari semuanya FF yang aku baca aku suka banget sma FF yang kakak buat, soalnya selalu terbawa suasana kalau baca FFnya kak elsa../suasana apa ya?/ hahaha

    Semangat terus ya kaka 😘😘

    Liked by 1 person

    1. Itu mah udah plagiat kecuali terinspirasi dan dia bilang. Orang yang kayak gitu gak pantes jadi penulis -____-

      Ffku? 😂😂😂 plis de aku juga terinspirasi berbagai drama dan tulisan. Sama ya otak yang kelewat gak normal ini idenya muncul. Tapi gak copas kok ya wkwkwkwk. Kayak FFku yg This Love itu udah aku bilang terinspirasi sama descendants of the sun.

      Kwkwk makasih loh ya sudah jadiin aku author favorit /apaan XD
      Terbawa suasana astral ff gak jelas? XD XD

      Iya makasih ya semangatnyaaa ❤ ❤

      Like

Write ur Love Letter . . . <3

